Selasa, 22 Maret 2011

PAHIT MANIS PERTANIAN INDOESIA

Idonesia merupakan Negara agraris, yaitu mata pencaharian penduduk didominasi pada bidang pertanian. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan subur serta memiliki banyak aliran sungai yang berguna untuk irigasi. Sehingga hampir semua jenis tumbuhan yang ada di dunia bisa bertahan hidup ditanah Indonesia.
Mengenai pertanian yang ada  di Indonesia, ada lebihnyanya juga pasti ada buruknya. Tentang keunggulan pertanian di Indonesia, Indonesia diutungkan karena letaknya yang strategis yakni dekat dengan garis katulistiwa, sehingga Indonesia  memiliki iklim tropis dan tanaman dapat berfotosintesis karena
mudah medapatkan sinar matahari. Selain itu Indonesia  juga memiliki banyak gunung. Sehingga memiliki banyak sumber  mata air dan mengalir  menjadi sungai yang memudahkan para petani untuk mengairi sawah mereka.
Pada tahun 80-an ketika Indonesia dipimpin oleh presiden Soeharto. Prtanian Indonesia bia dibilang mau. Ini dikarenakan pada saat itu Indonesia mampu mengekspor sebagian hasil dari pertanian. Dan Indonesia juga disebut-sebut oleh bangsa eropa akan menjadi  “Macan Asia” mendampingi jepang. Akan tetapi karena factor kepadatan penduduk yang menjadikan Indonesia sulit untuk berkembang.
Sedangkan kekurangan yang ada pada pertanian Indonesia terletak pada peralatan. Peralatan yang mereka gunakan masih sangat sederhana (tradisional). Masih banyak yang menggunakan tenaga hewan untuk membajak sawah dan mengangkut hasil panen. Serta masih juga menggunakan tenaa manusia saat mencabuti rumput dan memupuk.
Masih sangat jarang petani yang mengganti peralatan mereka ke peralatan yang lebih modern dan teknologi yang canggih. Itu semua karena factor biaya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More